10 Contoh Ide Bisnis Kesehatan

10 Contoh Ide Bisnis Kesehatan

10 Contoh Ide Bisnis Kesehatan dan Peluang Keuntungannya

10 Contoh Ide Bisnis Kesehatan Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal 2020 lalu memberikan dampak luar biasa bagi berbagai lapisan masyarakat. Salah satu hal baik yang patut untuk kita syukuri adalah kesadaran masyarakat soal pentingnya kesehatan jadi meningkat. Banyak orang yang kini menjalani pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, olahraga, dan melakukan diet sehat.

Menurut hasil survei Asia Pasific Health Priority, ada 86% orang di Indonesia yang sadar akan kondisi kesehatannya. Tingginya persentase tersebut mestinya bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis di bidang kesehatan. Kalau masih bingung, simak 10 contoh ide bisnis kesehatan sekaligus peluang keberhasilannya yang bisa kamu jadikan gambaran!

Apa Itu Bisnis Kesehatan?

Sesuai namanya, bisnis kesehatan adalah jenis usaha yang bergerak di ranah kesehatan. Cakupan usahanya cukup banyak, lho! Tak melulu jualan produk, kamu juga bisa menawarkan layanan kesehatan, seperti penyedia layanan pemeriksaan tubuh, fisioterapi, maupun pengecekan golongan darah.

Karena bergerak di ranah kesehatan, yang bisa dibilang sangat penting atau krusial bagi keberlangsungan hidup seseorang, kamu perlu ilmu pengetahuan spesifik atau sertifikasi khusus di bidang ini. Jadi, tidak semua orang bisa serta-merta membuka usaha kesehatan tanpa menempuh studi, pelatihan, atau riset terlebih dulu sebelumnya, ya!

Jenis Usaha di Bidang Kesehatan

Ada banyak sekali jenis ide bisnis kesehatan yang bisa kamu coba. Beberapa poin berikut mungkin sudah sering kamu temui sebelumnya. Yuk, simak!

1. Telemedicine

Telemedicine adalah bisnis yang menawarkan layanan konsultasi kesehatan jarak jauh, sehingga pelanggan bisa booking kapan pun dan di mana pun mereka berada. Umumnya, perusahaan pengembang layanan ini tak hanya menyediakan konsultasi kesehatan pada pasien, tapi juga menjual produk atau jasa pembelian produk kesehatan.

Sehingga, pengguna aplikasi tak hanya bisa konsultasi langsung dengan dokter, tapi juga bisa sekaligus mendapatkan obat sesuai resep yang diberikan tanpa perlu pergi ke mana-mana. Kamu pasti tahu perusahaan yang bergerak di bidang ini. Yups, benar sekali, ada Halodoc dan Alodokter yang sudah beroperasi di Indonesia.

2. Pengembangan obat

Kemajuan zaman tak hanya melahirkan kecanggihan teknologi yang dapat mempermudah hidup manusia, tapi juga menghadirkan penyakit-penyakit baru yang sebelumnya tak pernah dialami. Itulah mengapa bisnis produksi dan pengembangan obat itu selalu laris dan diminati oleh banyak pihak.

Tapi, untuk menjalankan bisnis yang satu ini, kamu tak hanya perlu pengetahuan bisnis saja, lho! Syarat utamanya adalah mengerti betul tentang ilmu kesehatan, sehingga kamu tahu penyebab penyakit dan bagaimana cara mengatasinya dengan meramu obat. Biasanya, bisnis produksi dan pengembangan obat juga memerlukan izin usaha yang cukup rumit sebelum beroperasi.

3. Produksi suplemen

Tak hanya obat-obatan saja yang menarik minat pelanggan, ide bisnis kesehatan suplemen kini bisa dibilang punya pasar fantastis karena menawarkan kemudahan bagi pengguna. Contohnya, supaya hidup sehat, seseorang perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang seringnya melibatkan banyak bahan makanan, mulai dari ikan sampai sayur-mayur tertentu.

Padahal, tak semua orang suka mengonsumsi makan makanan semacam itu. Tapi, semuanya tentu ingin sehat bagaimana pun caranya. Suplemen di sini menjadi solusi praktis yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan bergizi seimbang. Itulah mengapa bisnis produksi suplemen punya peluang yang sangat baik di era sekarang ini.

4. Produk perawatan

Kecantikan adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kesehatan. Biasanya, orang ingin sehat sekaligus cantik. Makanya, banyak produk-produk perawatan yang hadir di pasaran, misalnya seperti skincare wajah, haircare, bodycare, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, ada juga alat-alat perawatan yang dapat mendukung pengaplikasian produk kecantikan tersebut, yaitu face roller.

Tak hanya berjualan produk saja, kamu juga bisa menawarkan layanan perawatan yang masih berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan, seperti facial, botox, IPL, dan lain sebagainya. Sama seperti sebelum-sebelumnya, membuka bisnis di bidang produk dan layanan perawatan semacam ini juga perlu sertifikasi atau keahlian khusus. Jadi, tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

5. Media kesehatan

Siapa bilang terjun ke ranah bisnis kesehatan itu mesti menjual produk atau layanan tertentu? Ada juga bisnis dalam bentuk media kesehatan yang beroperasi dengan cara menyajikan konten-konten seputar ilmu kesehatan. Sehingga, tujuannya adalah memberi informasi atau wawasan lebih pada masyarakat luas.

Beberapa bisnis yang bergerak di bidang kesehatan dan telah mengimplementasikan kemajuan teknologi biasanya sudah menyediakan platform media ini. Halodoc dan Alodokter, katakankanlah, keduanya sudah memfasilitasi pengguna dengan artikel-artikel kesehatan yang ditinjau langsung oleh dokter dan bisa diakses sekaligus dalam satu aplikasi.

Baca juga: 80% Alat Kesehatan di Indonesia Masih Impor

Peluang Keuntungan Bisnis Kesehatan

Kesehatan itu mahal harganya. Tentunya, hal itu sebanding dengan bisnis yang bergerak di bidang tersebut. Karena masyarakat tahu pentingnya kesehatan bagi keberlangsungan hidup, tak sedikit dari mereka yang mau mengeluarkan budget besar supaya tetap sehat dan bugar. Contohnya, banyak orang yang mulai langganan beli suplemen atau vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

Di atas juga telah disebutkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan meningkat tajam setelah terjadinya pandemi Covid-19. Hal ini menandakan bahwa kesehatan bisa jadi merupakan prioritas tertinggi sebagian besar orang. Dengan begitu, daya beli di ranah ini pun menjanjikan bagi pertumbuhan bisnis.

Ide Bisnis Kesehatan yang Menguntungkan

Jika beberapa jenis usaha di bidang kesehatan yang sudah disebutkan sebelumnya kurang memberikan gambaran spesifik padamu, simak lima ide bisnis kesehatan di bawah ini, yuk!

1. Jasa konsultasi

Jasa konsultasi kesehatan adalah bisnis yang sangat diminati sekarang ini, lho! Soalnya, balik lagi, sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan. Cakupan bisnis jasa ini juga sangat luas, bisa berupa check-up kesehatan rutin atau layanan personal trainer. Sebagai contoh, ada jasa konsultasi kesehatan dengan paket lengkap, seperti pemeriksaan fisik, tes darah, dan rekomendasi gaya hidup sehat.

Sementara itu, bagi yang ingin lebih fokus pada kebugaran fisik, jasa personal trainer dapat membantu menyusun rencana latihan dan diet yang sesuai dengan kebutuhan individu. Keberhasilan bisnis ini sangat bergantung pada keahlian dan kredibilitas tenaga profesional yang terlibat, sehingga penting untuk memastikan bahwa timmu terdiri dari orang-orang yang berkualifikasi dan pengalaman di bidang ini.

2. Content writer kesehatan

Di dunia digital seperti sekarang, konten itu penting banget. Makanya, menjadi content writer khusus di bidang kesehatan sebenarnya punya peluang yang cukup oke, kok. Konten yang informatif dan terpercaya sangat dicari oleh banyak pengguna internet. Kamu juga bisa menulis tentang berbagai topik, mulai dari nutrisi, tips menjaga kesehatan, hingga ulasan tentang alat kesehatan.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan berbagai platform media, blog kesehatan, atau bahkan institusi yang ingin menyediakan konten berkualitas. Kunci sukses ketika kamu menggeluti bidang ini adalah kemampuan untuk menyajikan informasi yang akurat, mudah dipahami, dan menarik bagi pembaca.

3. Catering sehat

Catering sehat menawarkan solusi terbaik bagi mereka yang ingin makan sehat, tapi tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk memasak. Bisnis ini bisa menyediakan berbagai menu sehat, mulai dari vegetarian, keto, hingga menu bebas gluten. Keunikan dan variasi menu adalah faktor penting untuk menarik pelanggan.

Selain menawarkan menu makanan mingguan atau bulanan, kamu juga bisa menawarkan layanan konsultasi gizi untuk membantu pelanggan memilih menu sesuai dengan kebutuhan diet mereka. Supaya pelanggan percaya pada unit bisnismu, jagalah kualitas bahan makanan, utamakan bahan organik dan segar, serta pastikan pengolahan makanannya higienis.

4. Produk pangan organik

Kesadaran masyarakat soal pentingnya makanan organik terus meningkat. Itulah mengapa, memulai bisnis produk pangan organik bisa menjadi peluang menguntungkan. Kamu bisa menawarkan berbagai produk, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, hingga produk olahan organik.

Agar pelanggan punya rasa percaya yang tinggi terhadap bisnismu, penting untuk memastikan bahwa produk yang kamu tawarkan benar-benar organik dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Memiliki sertifikasi organik dan menjalin kemitraan dengan petani lokal adalah cara yang baik untuk membangun kredibilitas bisnis.

5. Aplikasi layanan kesehatan

Pengembangan aplikasi layanan kesehatan adalah ide bisnis yang sangat relevan di era digital ini. Aplikasi ini bisa berfungsi sebagai platform untuk konsultasi online dengan dokter, pengingat minum obat, pelacakan aktivitas fisik, hingga informasi edukasi kesehatan. Kunci dari bisnis ini adalah mengembangkan aplikasi yang user-friendly dan punya fitur inovatif.

Kamu juga perlu memastikan keamanan data pengguna, mengingat sekarang ini data bisa dengan sangat mudah disebarluaskan tanpa tanggung jawab. Makanya, selain mengerti betul tentang ilmu kesehatan, penting untuk memiliki tim di bidang IT yang tahu bagaimana caranya melindungi privasi pengguna aplikasi.

Cara Memulai Bisnis Kesehatan yang Sukses

Apakah kamu merasa bahwa memulai bisnis di bidang kesehatan begitu sulit dan rumit? Tenang, semua itu masih bisa diraih, asalkan kamu mengikuti lima cara berikut.

1. Ketahui solusi yang ingin diberikan

Memulai bisnis apa pun, termasuk kesehatan, menuntut kamu untuk tahu masalah yang ingin diatasi. Makanya, lakukan riset seputar masalah kesehatan di lingkungan sekitar, bisa jadi meliputi penyediaan peralatan medis canggih, pengembangan aplikasi kesehatan digital, hingga layanan konsultasi kesehatan online.

Lakukan juga riset pasar yang mendalam untuk mengerti betul kebutuhan masyarakat. Misalnya, jika kamu fokus pada masalah diabetes, pahami segala aspek terkait, mulai dari kebutuhan pasien hingga perkembangan terkini dalam pengobatan diabetes. Dengan pemahaman yang kuat tentang masalah yang ingin diatasi, bisnismu akan lebih fokus memberikan solusi.

2. Tentukan target pasar sespesifik mungkin

Memilih target pasar yang spesifik adalah langkah penting dalam membangun bisnis kesehatan. Misalnya, jika kamu akan fokus pada kesehatan wanita, kamu perlu memahami segala sesuatu tentang demografi ini, mulai dari kebiasaan mereka, tantangan kesehatan yang di hadapi, hingga preferensi konsumen dalam menerima informasi kesehatan.

Menentukan target pasar yang spesifik membantu kamu merancang produk atau layanan yang tepat, termasuk strategi pemasaran yang efektif. Misalnya, jika target pasarmu adalah orang tua, kamu perlu mempertimbangkan cara-cara komunikasi yang lebih tradisional di bandingkan dengan target market lebih muda yang mungkin lebih responsif terhadap pemasaran digital.

3. Rekrut ahli kesehatan profesional

Dalam bisnis kesehatan, kredibilitas adalah segalanya. Rekrutmen tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman tidak hanya menambah nilai bisnismu, tapi juga membangun kepercayaan dari pelanggan. Misalnya, jika bisnismu berfokus pada nutrisi dan diet, memiliki ahli gizi bersertifikat dalam perusahaanmu adalah prioritas.

Selain itu, lakukan kerja sama dengan profesional di bidang kesehatan yang bisa membuka akses ke wawasan terbaru dan praktik terbaik dalam industri. Ini juga membantu memastikan bahwa bisnismu selalu mengikuti standar kesehatan yang berlaku dan memberikan layanan aman serta efektif bagi pelanggan.

4. Pahami ketentuan hukum yang berlaku

Industri kesehatan diatur dengan ketat, makanya penting untuk memahami serta mematuhi semua regulasi yang berlaku. Ini termasuk lisensi, standar keselamatan, dan kepatuhan terhadap hukum privasi pasien. Kegagalan dalam mematuhi regulasi ini bisa berakibat serius, termasuk denda hingga penutupan bisnis. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli hukum yang spesialis di bidang kesehatan untuk memastikan bahwa bisnismu beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku.

5. Lakukan evaluasi secara berkala

Dunia kesehatan adalah salah satu industri yang paling cepat berkembang. Oleh karena itu, melakukan evaluasi dan penyesuaian strategi ide bisnis kesehatan secara berkala adalah kunci supaya tetap relevan. Evaluasi ini bisa mencakup analisis kinerja layanan, umpan balik pelanggan, dan pemantauan perkembangan teknologi atau tren kesehatan terbaru.

Evaluasi membantu mengidentifikasi area yang perlu di perbaiki hingga menemukan peluang baru untuk inovasi atau ekspansi. Contoh konkretnya adalah adopsi teknologi baru dalam bisnis kesehatan digital dapat membuka peluang pasar baru (menjadi lebih luas lagi) yang sebelumnya tidak terjangkau.

6. Persiapkan diri untuk beradaptasi kapan pun

Fleksibilitas adalah kunci dalam dunia bisnis, terutama di sektor kesehatan. Kamu perlu siap untuk beradaptasi dengan perubahan kebijakan kesehatan, inovasi teknologi, dan preferensi konsumen. Misalnya, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek di bidang kesehatan, dari meningkatnya permintaan untuk layanan kesehatan digital hingga pemenuhan protokol kesehatan. Kemampuan cepat beradaptasi dan menyesuaikan strategi bisnis akan membuatmu bisa memastikan bahwa perusahaan bisa tetap bertahan bahkan berkembang di tengah perubahan.

Memilih ide bisnis kesehatan dan memulainya tentu bukanlah hal yang mudah, tapi dengan perencanaan yang matang, pemahaman yang mendalam tentang industri, dan kemampuan untuk terus berinovasi, kamu dapat menciptakan bisnis yang tidak hanya sukses tapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat.